Hari ini Rabu, 29 Juni 2022, kita memasuki pertemuan ke-19 Materi pertemuan malam ini adalah "Pemasaran Buku". Dimulai pukul 19.00 - 21.00. Seperti biasa pertemuan kali ini juga terdiri dari 4 sesi, yaitu :
1. Pembukaan
2. Paparan materi
3. Tanya jawab
4. Penutup
Peserta Kelas BM PGRI Gelombang 26 terus semangat untuk menulis dan mempersiapkan naskah buku solo sebagai salah satu syarat lulus dari Pelatihan Belajar Menulis. Draft untuk buku solo segera rampungkan kemudian disatukan dalam satu file agar memudahkan dalam penyusunan naskah.Juga menyiapkan daftar isi, prakata, sinopsis dan semua perlengkapan naskah buku solo. Di Kelas BM Gelombang 26 diberikan kebebasan untuk memilih Penerbit untuk menerbitkan buku solo, termasuk ke Penerbit Andi.
CV Narasumber,
Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi faktor mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat dan faktor makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
A. 🔆Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (Online )
1. Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar , kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi seperti :
💥Menyebarkan informasi produk secara pasif kepada target pasar potensial
💥Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
💥 Menaikan penjualan dan profit
💥Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
💥 Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
💥 Mengubah tingkah laku yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli dan pendapat konsumen.
2. 🔆 Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik ...
B. 🔆 Strategi pemasaran buku serangan Darat OFline
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Tujuan strategi tersebut antara lain :
1. 1.Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
💥Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
💥 Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
💥 Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
💥 Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya d an Supervisor
Contoh Display Buku dan Promo
2. 2.Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
💥Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
💥Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
💥 Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK
Perguruan Tinggi dan umum
Demikian yang dapat disampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang.Penerbit Andi sebagai “Tenaga pemasaran Buku “ sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam menceraskan kehidupan bangsa Indonesia
Dilananjut dengan sesi berikutnya yaitu sesi tanya jawab :
1. 1.Apakah dalam menentukan penerbit kita lebih baik kita sesuai dgn genre nya? misal buku2 pelajaran kita coba ke penerbit Andi, Erlangga, dsb. Untuk buku2 fiksi ke penerbit Gramedia......
h ✅harus tau tentang latar belankangnya untuk apa dan jenis jenis buku yang diterbitkan .penerbit mayor untuk semua jenis katgori diterbitkan
2.Untuk penerbitan buku oleh penerbit mayor, sebagai penulis akan mendapat royalti. Perjanjian/kontrak itu dibuat diawal kah atau setelah buku akan terbit?
✅setelah penerbit menyatakan naskah diterima nanti ada surat perjanjian di awal 6 bulan sekali atau satu tahun ,royalti akan diberikan 5 sampai 10 % dari nilai harga buku tersebut berdasarkan transaksi yang terjual
Demikian resume yang saya buat mohon maaf jika ada salah kata atau kalimat yang tidak sesuai semoga kedepanya bisa lebih baik lagi dalam membuat resume selanjutnya serta bisa membuat buku solo
Salam Literasi....
Atimah,S,Pd
Komentar
Posting Komentar